Perbedaan Dasar Jeruk Purut Dan Jeruk Nipis

 Tanaman jeruk nipis yang adalah salah satu jenis buah jeruk,namun berbeda dengan jeruk pada umumnya yang terasa manis dan segar,jeruk nipis ini mempunyai rasa yang dominan masam,namun menyegarkan pula.

Jeruk nipis ini ialah tanaman buah yang aslinya berasal dari Benua Asia dan juga banyak ditemukan di wilayah Amerika Tengah. Jeruk nipis ini khusus nya di Pulau Jawa sering disebut dengan jeruk pecel.

Perbedaan Dasar Jeruk Purut Dan Jeruk Nipis

Pohon dari jeruk nipis ini mempunyai rata  rata  tinggi hingga mencapai sekitar 3 sampai 6 m, tanaman jeruk nipis ini memiliki ciri pohon yang mempunyai cabang pohon yang sangat banyak, dan semua batang jeruk ini diselimuti oleh duri-duri tajam.

Pada bagian daun dari jeruk nipis ini berbentuk lonjong dan juga memiliki sebuah tangkai daun yang dominan berwujud agak kecil. Buah jeruk nipis ini dominanb mempunyai bentuk bulat dan di dominasi oleh warna hijau terang dan hijau gelap,namun juga ada jeruk nipis jenis lain yang mempunyai  warna kuning cerah.

Bagian pada Kulit buah jeruk nipis apabila diremas maka akan mengeluarkan air perasan yang juga ternyata di sinyalir banyak mengandung minyak atsiri. Lalu pada bagian daging buah nya berwarna hijau cerah dan sedikit keputihan,dengan hal ini lah maka jeruk nipis memiliki banyak rasa yang sangat masam sehingga buah ini banyak mengandung vitamin C dan juga kandungan asam sitrat.

Baca Juga: Khasiat Utama Cengkeh

Di Indonesia sendiri tanaman pohon jeruk nipis ini dapat  tumbuh sangat baik di daerah yang memiliki ketinggian hingga mencapai 1000 mdpl. Pohon jeruk nipis ini juga sangat memerlukan paparan sinar matahari secara terus-menerus dan tanpa perantara alias langsung. Perkembang biakkan pohon jeruk nipis ini juga sangat bervariasi baik melalui media cangkok maupun melalui okulasi dan sambung pucuk seperti jenis jeruk pada umumnya.

Buah Jeruk nipis ini juga sangat masif untuk dimanfaatkan sebagai obat herbal penghilang rasa gatal di tenggorokan dan sebagai obat ampuh untuk batuk , serta sangat cocok untuk bahan-bahan masakan sebagai bahan penyedap masakan tanpa efek samping , dan bahkan adapula campuran ekstrak jeruk nipis yang digunakan sebagai pencuci rambut atau shampo,serta sangat ampuh juga untuk menghilangkan karat pada logam atau besi.

 Budidaya bibit pohon jeruk nipis

·         Syarat tumbuh pohon jeruk nipis

Pohon jeruk nipis ini tumbuh baik di daerah yang memiliki ketinggian mencapai 0 – 400 mdpl. Untuk suhu optimalnya sekitar 25 derajat celcius sampai 30 derajat celcius atau bisa juga rata – rata 20 derajat celcius. Daerah yang memiliki curah hujan sekitar 100 – 1.200 mm per bulannya cocok untuk ditanami pohon jeruk nipis ini. Pohon jeruk nipis ini nantinya membutuhkan 3 bulan masa kering dalam perkembangannya. Lokasi pembudidayaan nya pun juga harus diperhatikan , pohon jeruk nipis ini bila ditanam di daerah dataran terlalu tinggi mengakibatkan kulit buah yang dihasilkan nanti terlalu tebal dan rasanya juga agak pahit. Hal ini yang kadang sering menjadi menurunnya peminat jeruk nipis. Siapkan juga aliran drainase yang baik untuk lahan yang akan dijadikan sebagai budidaya pohon jeruk nipis.

·  Tahap penentuan lokasi budidaya pohon jeruk nipis

Lokasi yang tepat dan baik untuk budidaya pohon jeruk nipis ini sebaiknya memiliki suhu udara yang cukup hangat (tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin). Untuk perihal ketinggian , maka semua jenis jeruk nipis ini memiliki suatu penyesuaian yang tergolong berbeda – beda,terlebih terhadap ketinggian pada area lahan.

Faktor tinggi dan rendahnya curah hujan juga sangat berpengaruh untuk tumbuh kembang pohon jeruk nipis ini. Untuk pohon pelindung / peneduh sebaiknya jangan menanamnya dalam jumlah yang relatif banyak,hal ini di karenakan dapat menghalangi sinar matahari yang seharusnya bisa diserap oleh pohon jeruk nipis mengingat pohon jeruk nipis ini sangat membutuhkan sinar matahari yang harus benar-benar cukup.

Perhatikan juga kondisi tanah yang ada di sekitar lahan budidaya pohon jeruk nipis. Tanah yang baik untuk pertumbuhan tanaman tentunya tinggi akan humus dan unsur hara.

·  Tahap pemilihan bibit pohon jeruk nipis

Berikut ini ada beberapa tips mengenai cara memilih bibit jeruk nipis yang berkualitas dan bebas dari hama dan penyakit. :

  • Pastikan bibit jeruk nipis tersebut dalam kondisi yang sehat dalam arti daunnya tidak kering atau bolong – bolong, batangnya tegak, dan tidak kurus kempes.
  • Pastikan bibit pohon jeruk nipis yang akan dipilih nanti sesuai dengan induknya, akan lebih baik bila begitu. Karena bila bibit pohon jeruk nipis nantinya memiliki sifat yang baru maka cenderung tidak memiliki kualitas unggul.
  • Perhatikan juga akar yang dimiliki oleh bibit pohon jeruk, apabila pohon jeruk tersebut berakar serabut pilihlah akar serabut yang lebat, sedangkan apabila bibit pohon jeruk memiliki akar tunggang pilih akar tunggang yang ukurannya sedang.
  • Untuk tips yang terakhir ini,maka hendaknya kita terlebih dahulu untuk memilih bibit yang disediakan oleh para petani yang banyak sekali menjual bibit pohon jeruk nipis.
  • Karena di masa sekarang ini rentan sekali terhadap aksi penipuan yang tentunya akan merugikan para pembeli kedepan nya. Maka untuk itu,agar terlebih dahulu memastikan penjual bibit jeruk nipis yang kita datangi itu sudah terpercaya.

JERUK PURUT

Tanaman buah jeruk purut ini merupakan salah satu varietas yang cukup unggul untuk buah jeruk,yang mana secara dasar antara jeruk nipis dan jeruk purut ini hampir sama baik dari segi bentuk,rasa dan juga cara tumbuh nya. Namun,ada sedikit perbedaan dasar antara jeruk nipis dan jeruk purut. Kebanyakan jeruk purut ini merupakan jenis jeruk yang sering sekali dimanfaatkan sebagai bahan baku untuk pembuatan bumbu dapur ( daunnya juga ).

Beerbeda dengan jeruk nipis,untuk pohon jeruk purut ini mempunyai ukuran jauh lebih kecil dan pendek,dan rata-rata pada tiap batangnya memiliki duri yang berukuran kecil,namun sangat tajam, dan juga pada bentuk daun nya pun sangat khas sekali.

Buah jeruk purut ini merupakan jenis jeruk yang terbilang mempunyai ukuran yang kecil sekali,diameter pada buah jeruk purut ini juga tidak pernah melebihi ukuran 2 cm dan kebanyakan jenis jeruk purut ini memiliki kulit luar buah yang sangat tebal dan keriput dibagian ujung buah nya. Perkembang biakkan dari jeruk purut ini sangat mudah dapat dilakukan dengan cara cangkok dan penanaman dari mulai biji.

Dalam dunia tata boga khusus nya di wilayah Asia Tenggara ,buah jeruk purut ini sering dimanfaatkan untuk menghilangkan rasa pada bau amis yang mengendap pada daging ataupun ikan laut,dan juga secara signifikan mampu untuk mencegah penyakit perut seperti disentri serta mual.

Sebagai bumbu masak , jeruk purut dan juga daunnya ini sampai sekarang sulit untuk digantikan oleh bagian yang lainnya,dan terkadang jika sudah terpaksa , maak kulit dari buah jeruk purut ini bisa digunakan sebagai bumbu masak namun hasilnya tidak sebaik buah dan juga daunnya.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>